-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pesona Budaya Tabuik 2024 Sudah Dimulai Ratusan Ribu Orang Akan Padati Pariaman, Jaringan Celluler Melambat

Piamanexplore-Rangkaian pesta budaya tabuik sudah dimulai pada tahun 2024 ini, dimulai pada tanggal 7 hingga 21 juli 2024 di kota pariaman.

Kenapa prosesinya sangat panjang hingga memakan waktu 15 hari? Karena setiap harinya akan ada berbagai kegiatan yang akan dilakukan hingga hari puncak tabuik dibuang kelaut.

Acara perdana nya 7 juli lalu tabligh akbar yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka Kota Pariaman, setelah itu dilanjutkan dengan lomba video tabuik dan prosesi maambiak tanah untuk tabuik pasa dan tabuik subarang.

Setiap harinya sampai hari puncak tabuik dihoyak banyak acara yang digelar untuk menghibur warga kota pariaman seperti acara lomba permainan tradisional anak,

pemutaran film dokumenter, lomba mewarnai, bazar usaha mikro kecil menengah, lomba gandang tasa, lomba petatah petitih adat dan penampilan seni budaya dan acara menarik lainnya.

prosesi maarak jari-jari
Diawali dengan prosesi maambiak tanah, manabang batang pisang, maarak jari-jari, maatam, maarak saroban, tabuik naiak pangkek, dan pembuangan tabuik ke laut.

Ratusan Ribu Wisatawan Akan Padati Pariaman

Pada hari puncak saat tabuik akan dibuang kelaut yaitu hari minggu 21 juli 2024 diprediksikan ratusan ribu wisatawan akan padati kota pariaman.

Hampir dipastikan semua penginapan di kota pariaman akan penuh oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah, nasional maupun mancanegara.

Tabuik merupakan jembatan kemajuan pariwisata kota pariaman, tidak hanya nasional tapi juga internasional.

puncak acara tabuik naiak pangkek
Event budaya ini berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di kota pariaman. Selama 14 hari berlangsung tahun lalu walikota memperkirakan ada sekita 50 miliar uang yang beredar di pariaman.

Jaringan Seluler Melambat

Sebagai warga kota pariaman saya sangat merasakan sekali dampak dari kunjungan orang datang ke kota pariaman.

Kusus pada jaringan seluler pada handphone saya sangat lambat bahkan gagal pada saat acara puncak tabuik.

Jaringan internet sangat lambat mungkin terjadi karena banyaknya orang yang datang kekota pariaman sehingga membuat beberapa provider sangat sibuk hingga over kapasitas.

Kereta Api Penuh Sesak

stasiun kereta api pariaman
Peluit kereta akan mengejutkan lamunan anda. Kereta api wisata itu senantiasa penuh sesak sepanjang hari itu.

Sejak subuh hingga menjelang petang menjelang kereta itu akan terus bergerak dari ibu kota provinsi menuju kekota pariaman.

Saat senja menjemput saat tabuik di buang kelaut kota pariaman akan sesak seperti lautan besar manusia.

Pariaman kota kecil ini seperti tdak sanggup menampung pengunjung yang membludak untuk meyaksikan arak-arakan tabuik.

 

Share This Article :
1745663973787222366

Kisah Samsul Bahri Menjadi Penghianat Karena Kematian Siti Nurbaya

Piamanexplore- Kisah Samsul Bahri: Ketika Pengkhianatan Bukanlah Pilihan Mudah Banyak dari kita mungkin pernah mengalami situasi yang suli...