-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Duta Wisata Kota Pariaman Ribuan Masyarakat Dan Wisatawan Iringi Tabuik Naiak Pangkek

Piamanexplore-Masyarakat dan Pengunjung Tumpah Ruah Saksikan Tabuik Naiak Pangkek

Prosesi Tabuik Naiak Pangkek dalam rangkaian Pesona Budaya Tabuik Piaman 2024, pada kedua tabuik telah selesai pada Minggu (21/7/2024).

Tabuik Subarang “naik pangkek” di Simpang Tugu Tabuik sekitar pukul 07.00 WIB sementara Tabuik Pasa “naiak pangkek” di depan Pasar Pariaman sekitar pukul 08.00 WIB.

Pada prosesi ini masyarakat dan pengujung tumpah ruah menyaksikan Tabuik Naik Pangkek.

Ketua Panitia Pesona Budaya Tabuik Piaman 2024, Firman Syakri Pribadi mengatakan jelang Tabuik Naiak Pangkek,

sekitar pukul 06.00 WIB kedua anak tabuik baik Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang sudah bersiap membawa fisik Tabuik (pangkek ateh dan pangkek bawah) untuk dibawa dikedua lokasi.

“Jelang prosesi Tabuik Naiak Pangkek, anak Tabuik Subarang memasang sejumlah pernak pernik seperti burung tabuik, bunga puncak dan bunga salapan.

Setelah semuanya terpasang, kedua bagian tabuik di rebahkan dan disorongkan secara seksama. Proses ini berlangsung cukup lama sekitar 15 menit”, ujarnya.

Setelah selesai Tabuik Naik Pangkek, lanjut Firman Syakri Pribadi yang juga akrap disapa Ajo Fe akan berlangsung Hoyak Tabuik.

Setelah tabuik naiak pangkek semua unsur tabuik tersambung maka tabuik segera di hoyak diiringi menuju pantai gandoriah untuk dibuang ke laut.

Puncak keramaian wisatawan adalah saat tabuik di dorong diringi menuju pantai gandoriah, ada ribuan orang mengiringi tabuik ini saat di gotong.

 

Share This Article :
1745663973787222366

7 Rahasia Sukses Budaya Merantau Orang Minang: Inspirasi Memulai Hidup Baru di Tempat Baru

Piamanexplore- Orang Minang terkenal dengan budaya merantau mereka. Mereka sangat berani terjun ke tempat baru dan memulai hidup dari awal. ...