-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pantai gandoriah pantai yang menjadi jantung wisata pesisir kota pariaman

 Pantai gandoriah wisata pesisir kota pariaman

jembatan gandoriah

Dipantai gandoriah inilah wisatawan bisa terhubung keberbagai wisata lainnya seperti pulau-pulau karena berada ditengah wisata pantai lainnya. Pantai gandoriah terletak dikota pariaman jika anda dari padang menggunakan jasa kereta api maka stasiun kereta api ini pas berada di pinggir pantai gandoriah. Gandoriah adalah salah satu nama tokoh dalam kaba cerita rakyat minangkabau yaitu anggun nan tongga. Latar cerita ini adalah pesisir pariaman, Gandoriah sendiri dalam cerita itu adalah gadis yang cantik dan baik budi pantai gandoriah juga perumpamaan untuk disebut cantik dan menawan.

Pantai ini sangat dekat dengan pusat kota hanya sekitar 500 meter saja. Pasir pantainya halus, bersih dan landai diterpa ombak laut yang tenang tempat ini baik digunakan untuk wisata keluarga, karena memiliki pantai yang landai banyak para pengunjung yang datang mandi air laut dengan aman.

Disekitar pantai tumbuh pinus dan cemara laut yang rindang. Pemerintah kota hingga saat ini sudah banyak membangun sarana untuk mendukung pariwisata di pantai gandoriah ini. Apa saja yang sudah ada di pantai gandoriah ini: gedung fasilitas pertunjukan, sarana bermain untuk anak ditambah banyaknya pedagang yang menjual jasa sarana untuk bermain anak seperti sewa mobil-mobilan, motor motoran dan banyak lagi.

tugu AL
Taman-taman yang ada dipantai gandoriah:

  • Monumen tugu angkatan laut: monumen ini terletak diujung muaro pariaman pantai gandoriah menjadi destinasi wisata untuk mengenang sejarah dikota pariaman. Bentuk monumen nya unik berupa kapal perang setinggi 3 meter dengan meriam kapal. Satu buah tank amfibi jenis PT-76 buatan uni soviet tahun 1947. Dan satu unit meriam howikzer M30 122 serta tiga patung pejuang diatasnya. Diarea monumen ini ada permainan untuk anak-anak yang disediakan oleh pemko dan dapat dimanfaatkan gratis oleh pengunjung.  
  • Pariaman skate park: taman skate ini biasa digunakan oleh pemuda-pemudi serta anak remaja untuk bermain skateboard yang datang dari berbagai daerah. Letak skate park ini bersebelahan dengan taman anas malik cukup berjalan kaki saja sekitar 5 menit
  • ASEAN youth park: panjang cerita dibangunnya taman tugu ASEAN ini yang jelas taman ini dibangun untuk  menjadi daya tarik bagi pemuda-pemuda di ASEAN untuk datang dikota yang dikenal dengan pesta budaya tabuiknya ini.

Pantai gandoriah dibatasi muara batang piaman yang dimanfaatkan sebagai pelabuhan kapal. Dimuara pantai ini  kelihatan perahu-perahu nelayan yang disulap jadi perahu angkutan menunggu muatan yang akan menyeberangkan pengunjung  pulang balik kepulau-pulau yang berjejer dilepas pantai, menyeberangkan orang dengan perahu telah menjadi mata pencarian bagi beberapa warga kota dikawasan ini.

bibir pantai gandoriah
Transportasi untuk mencapai pantai gandoriah

pantai gandoriah sangat mudah ditempuh  karena dekat pasar induk plaza dan pusat perkantoran. Jika ingin kesini bisa menggunakan angkutan darat mobil, motor, kereta api, bus, angkot dan kendaraan umum lainnya. Jika ingin mengelilingi pantai gandoriah pengunjung bisa menyewa bendi atau sepeda tandem dengan sewa antara Rp 20.000-Rp30.000.

anjungan pantai
 

Bagi pedagang, dan wisatawan atau bagi siapa saja mari kita wujudkan SAPTA PESONA didestinasi wisata pariaman antara nya: Aman, Tertib, Bersih, sejuk indah, Ramah dan Kenangan.

#ayokepariaman

Share This Article :
1745663973787222366

Polisi Tetapkan Tersangka Baru Di Kasus Pembunuh Nia Gadis Penjual Gorengan, Siapa Dia?

Piamanexplore- Kasus pembunuhan dan pemerkosa gadis penjual gorengan berinisial NKS di Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) masuk babak ...